Instalasi mikrotik bagi kalian yang masih bingung tentang bagaimana caranya, pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan tutorial cara instal mikrotik RouterOS di PC secara langsung, maka kalian berada di tempat yang tepat! Karena bila kalian membeli routerboard mikrotik, maka kalian tidak perlu melakukan instalasi routerOS terlebih dahulu. Cukup masukkan saja lisensinya yang ada, maka itu sudah bisa langsung dipakai. Lalu, bagaimana solusinya? Intip saja cara instalasinya ke dalam PC berikut.

1. Tutorial Mikrotik Instalasi Menggunakan RouterOS

1.1. Unduh File ISO Mikrotik

Download mikrotik ISO yang ada. Kalian bisa mendapatkannya di internet secara gratis pada link Versi Trial. Tapi, cari dulu yang sudah ada lisensinya pada link Lisensi Mikrotik Level 6 (link yang diberikan hanya untuk keperluan belajar dan jika diluar hal tersebut silahkan membeli lisensi yang asli)

1.2. Burn Kedalam CD/DVD Rom

Burn ke dalam CD dan masukkan CD mikrotik ini ke CD Rom. Jangan lupa setting bios PC dan booting awalnya memakai CD/DVD Rom.

1.3. Tutorial Cara Instalasi Mikrotik

Selanjutnya, kalian bisa mengikuti cara instal mikrotik hingga semuanya selesai. Caranya, centang semua pilihan dengan tombol a. Barulah setelah itu, tekan tombol i supaya bisa menginstal mikrotiknya. Tunggu sampai inslatasinya berhasil, lalu tekan enter maka PC akan restart dan kalian akan diminta untuk melakukan check disk atau tidak. Kemudian akan muncul tampilan login, ketik admin sedangkan passwordnya dikosongkan saja, lalu tekan enter. Nah, kini proses instalasi mikrotik telah berhasil.

instalasi mikrotik
Welcome to MikroTik Router Software Installation

2. Tutorial Registrasi Lisensi Mikrotik Setelah Proses Instalasi Mikrotik Selesai

2.1. Persiapan Registrasi Lisensi Mikrotik

Tutorial mikrotik selanjutnya sambungkan PC mikrotik dengan PC lainya, bisa juga menggunakan laptop yang sudah ada kabel UTP-nya. Kemudian, buka winbox. Tapi, jangan lupa untuk login ke dalam mikrotik dulu saat memakai winbox ini. Dari halaman utama winbox ada kalimat, “RouterOS Welcome”, yang berarti RouterOS telah dibuka. Namun, disini akan tertulis tidak ada key, sehingga akan dihentikan dalam 23 jam 50 menit.

Baca Juga:  Cek IP Tool Scan Pada Jaringan Mikrotik Sangat Mudah!

2.2. Proses Instalasi Lisensi Mikrotik

Dari halaman utama winbox, silahkan pilih system dan licence. Setalah itu, klik import key dan pilih file lisensinya yang didapat dari folder ISO mikrotik yang sudah diunduh sebelumnya. Kemudian, saat ada pertanyaan router now, klik OK. Sehingga, router akan restart sendiri dan disconnect.

instalasi mikrotik
Tampilan Menu License

3. Kesimpulan

Kembali login ke mikrotik dari winbox dan buka menu system, selanjutnya pilih lagi menu license agar muncul tampilan bahwa mikrotik telah berhasil diregistrasi. Dengan begitu, anda sudah bisa menggunakan mikrotik ini lagi sesuai kebutuhan tanpa batasan waktu. Karena kamu telah berhasil melewati proses instalasi mikrotik, sekaligus proses registrasinya secara penuh dan semoga bermanfaat tutorial mikrotiknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *