Router mikrotik yang rusak karena suatu hal, bingung cara mengatasinya. Hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah tidak perlu panik. Rasa panik justru membuat anda semakin bingung mengatasi permasalahan mikrotik. Bahkan karena panik, anda bisa saja salah langkah. Melihat penyebab mikrotik yang rusak menjadi kunci utamanya. Sayangnya, kebanyakan orang cenderung melupakan hal penting ini. Bagaimana dengan anda?

Router mikrotik adalah produk perangkat keras. Mikrotik dalam perkembangnnya dibagi menjadi dua jenis produk yaitu Mikrotik RouterOS dan RouterBoard. Gunakan cara cara di bawah ini apabila menemui permasalahan pada mikrotik anda.

1. Cara Mengatasi Mikrotik Rusak

Pembahasan pertama cara mengatasi mikrotik yang rusak ini yaitu baik RouterOS maupun RouterBoard bisa mengalami error kapan saja. Hal ini dikarenakan berbagai macam hal. Salah satunya ialah softwarenya yang bermasalah. RouterBoard mirip dengan komputer. Perangkat ini tidak didukung dengan hardware saja melainkan juga membutuhkan perangkat lunak. Perangkat lunak atau software bisa berupa Operating System. Bila akar masalah terletak pada sistem operasi tersebut, cobalah untuk melakukan beberapa langkah ini.

1.1. Reset Router Mikrotik

Bila mikrotik tiba tiba error dan ngehang kemungkinan mikrotik mengalami kejenuhan. Untuk penanganannya, anda diharuskan mereset router. Dengan begitu, router bisa berjalan sebagaimana mestinya.

1.2. Manfaatkan Remote

Langkah kedua menggunakan remote. Pada langkah ini, anda harus mengecek apakah CPU usage berada di kisaran 100 persen. Cobalah melihat isi menu dan cek menu lainnya apakah masih muncul atau tidak. Apabila tidak muncul anda disarankan untuk Netinstall.

Baca Juga:  Jenis Jenis Mikrotik dan Fungsinya - Cermati Ketika Membeli!

2. Router Mikrotik Rusak Tidak Bisa Login

Beda permasalahan beda pula cara penanganannya. Bila mikrotik yang anda gunakan memanfaatkan PC sebagai remot namun terkadang tidak dapat login, kemungkinan ada masalah pada port mikrotik. Biasanya, bila memanfaatkan PC, history login selalu tersimpan pada winbox. Ini memudahkan penggunanya ketika login karena hanya perlu mengisi kolom login dan password. Bagaimana bila menggunakan remote namun susah login bahkan IP tidak muncul? Lakukan langkah ini.

2.1. Via Winbox

Pertama login menggunakan winbox, lihat apakah port default mengalami perubahan. Bila mengalami perubahan tanpa sepengetahuan anda, cobalah merubah kembali dengan cara double klik service. Tulis pada kolom port menjadi 8291 dan kosongkan bagian available from. Terakhir klik OK.

2.2. Via Script

Selain memanfaatkan winbox, Anda juga dapat menggunakan script. Atur posisi service yang ingin dirubah kemudian edit service port dengan perintah # ip service print. Setelah dirubah sebaiknya kosongkan available form dengan cara tekan CTRL+O

3. Router Mikrotik Rusak Gagal Upgrade

Selain mengalami error dan tidak dapat login, permasalahan yang kerap melanda pengguna mikrotik adalah gagal upgrade. Setiap router didesain untuk menyala selama 24 jam dalam 7 hari berturut turut. Bila router tersebut sudah bertahun tahun digunakan wajar saja bila mengalami gagal upgrade. Jangan panik, ketika ini terjadi anda dapat cara mengatasi mikrotik yang rusak dengan beberapa langkah di bawah ini.

  1. Cek secara menyeluruh kondisi fisik router. Ini untuk melihat apakah ada kabel yang copot.
  2. Perhatikan detail bunyi beep dan lampu indikator LED ethernet maupun LED Power pada saat kabel power terhubung.
  3. Lakukan booting apabila router tidak dilengkapi dengan beeper.
Baca Juga:  Cara Setting Mikrotik Dengan Winbox Sampai Bisa Internet

4. Kesimpulan

Mengatasi permasalah mikrotik yang bermasalah barangkali terlihat rumit. Apalagi bila penggunanya kurang paham mengenai router tersebut. Terkadang karena rasa panik, banyak orang keliru dalam melakukan langkah perbaikan mikrotik. Dengan beberapa cara di atas, kini Anda sedikit banyak dapat memperbaiki mikrotik tanpa harus memanggil tukang service. Cara mengatasi mikrotik yang rusak mungkin saja berbeda dari orang satu dengan orang lainnya.

6 thoughts on “Router Mikrotik Rusak? Jangan Panik Mudah Mengatasinya”

  1. Waduh, saya hampir panik pada waktu itu. terima kasih gan untuk pencerahannya sangat bermanfaat, josss sekali 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *