Jenis Jenis Mikrotik dan fungsinya yang belum kita ketahui seluk beluknya, disarankan apabila seseorang hendak membeli perangkat tersebut. Hal ini mengingat, masing masing perangkat mikrotik memiliki varian dan fungsi yang tidak sama. Routerboard sendiri adalah perangkat keras yang dibuat oleh perusahaan Mikrotik. Tujuan produksinya ialah untuk mencukupi kebutuhan jaringan komputer VPN di Indonesia. Dengan memanfaatkan perangkat tersebut, anda lebih mudah menggunakan jaringan komputer di segala situasi.

1. Jenis Mikrotik Spesifikasi dan Fungsi

Banyak sekali keuntungan yang didapat dengan membeli dan menggunakan mikrotik. Namun, agar tepat penggunaannya, sebelum membeli Anda sebaiknya mencermati dahulu jenis jenisnya. Seperti deretan jenis mikrotik berikut ini yang memiliki spesifikasi dan fungsi yang berbeda.

1.1. Tipe Mikrotik Cloud Core Router 1072-IG-8S+

Saat hendak membeli router mikrotik, umumnya banyak orang akan mencari tipe router yang paling kuat. Nah, bila Anda mencari jenis router mikrotik terkuat maka jenis Cloud Core Router 1072-IG-8S+ bisa jadi solusinya. Jenis ini menjadi router terkuat karena penggunaannya yang lebih panjang dan berat dibandingkan dengan jenis lainnya. Berikut adalah spesifikasi yang dihadirkan lewat routerboard jenis Cloud Core Router 1072-IG-8S+.

  • Dibekali prosesor Tilera Tile-Gx 72/ 72 core @1 Ghz
  • Dilengkapi kemampuan throughput traffic up sampai 80 Gbps
  • Tersedia 8 port SFP+10G
  • Dilengkapi dengan 1 port Gigabit Ethernet dan terkoneksi ke CPU
  • Didukung Redundant PSU yang memperkuat jaringan selama 24 jam non stop
  • Dilengkapi USB, microSD, microSB, smart card dan M.2 Slot
  • Tersedia 3 varian CCR 36 core, 16 core dan 9 core
Baca Juga:  Cek IP Tool Scan Pada Jaringan Mikrotik Sangat Mudah!

1.2. Tipe Mikrotik RB 900 Series

Jenis mikrotik RB 900 Series masuk ke dalam jajaran mikrotik yang banyak diburu orang. Jenis ini sangat cocok digunakan apabila Anda membutuhkan daya pancar yang besar. Tidak jauh berbeda dengan jenis sebelumnya, mikrotik RB 900 Series juga dibekali dengan spefikasi yang mumpuni termasuk Acces Point. Untuk mengetahui apa saja spesifikasi, Anda dapat menengok penjelasan di bawah ini.

  1. Tersedia dalam 4 varian routerboard
  2. Dilengkapi dengan 1 GB ethernet
  3. Didukung wireles onboard 802.11 n
  4. Daya pancar sangat besar
  5. Tersedia versi 2,4 GHz dan 5 GHz serta Acces Point dan CPE
  6. Routerboard dilengkapi port USB, slot sim card, slot mini express

1.3. Jenis Mikrotik RB 450/ RB 850

Salah satu jenis routerboard mikrotik yang kerap dicari banyak orang yaitu RB 450/ RB 850. Umumnya, orang mencari jenis ini karena cocok digunakan untuk jaringan SOHO. Selain itu, keuntungan menggunakan tipe ini adalah dapat diaktifkan pada port 2-5. Hal ini karena jenis RB 450/RB 850 sudah dilengkapi dengan fitur switch. Lebih dari itu, router tersebut kuat digunakan dalam berbagai macam kondisi. Berikut spesifikasi atau fitur mikrotik RB 450/RB 850.

  • Sudah dilengkapi dengan 5 buah port ethernet
  • Dilengkapi switch chip di RB 450
  • Sesuai untuk jaringan SOHO
  • Tersedia varian G dengan processor dan RAM besar
  • Didukung 5 GB ethernet serta slot microSD
  • Masuk ke dalam router OS di level 5

2. Kesimpulan

Singkat kata mikrotik adalah sistem operasi sekaligus perangkat yang digunakan untuk mendukung komputer. Berbagai tipe dihadirkan pada router mikrotik dan masing masing tipe sudah pasti memiliki kekurangan. Tergantung bagaimana Anda merawat mikrotik tersebut. Semakin bagus tipe routerboard mikrotik yang dibeli, makin banyak keuntungan yang didapat. Berbagai jenis jenis mikrotik dan fungsinya di atas dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *