Cek IP Scan Tool dalam jaringan mikrotik itu berguna sekali untuk melakukan proses scanning atau pemindaian perangkat jaringan menggunakan berbasis IP dalam mikrotik. Itu artinya, Tool IP scan ini nanti bisa melakukan scan terhadap network dengan berbagai macam cara. Yaitu IP Prefix, interface, dan IP Range. Jadi, misal ada banyak perangkat terhubung, anda bisa tahu mana yang online dengan cara ini.

1. Tutorial Cek IP Scan Tool Pada Jaringan Mikrotik Lewat Winbox

1.1. Menu Cek IP Scan Tool

Untuk menggunakan tool Scan IP ini pada jaringan mikrotik, maka tugas kalian adalah login dulu ke dalam mikrotik menggunakan bantuan dari winbox mikrotik. Sehingga, anda bisa segera menggunakan tools ini. Selanjutnya, jangan lupa untuk masuk ke dalam menu tools yang tersedia. Disini, anda bisa memilih Scan IP untuk melanjutkan prosesnya.

Cek IP Scan
Menu Cek IP Scan Tool

1.2. Scanning Menggunakan Tool IP Scan

Untuk melakukan proses scanning ini ada 2 macam pilihan. Jadi, anda bisa menyesuaikan pilihan scanningnya sesuai keinginan kalian. Bisa berdasarkan cek ip address ataupun juga bisa discanning melihat dari segi interfacenya. Untuk contoh pemakaian proses IP Scan melewati proses interface ini bisa dengan cara memilih tools, kemudian pilih IP Scan dan masukkan interface ether1, lalu klik tombol start untuk melihat hasilnya.

IP Scan - Interface
Scanning Menggunakan Tool IP Scan

1.2.1. IP Address Prefix

Begitu juga bila Anda ingin melakukan proses scanning jaringan mikrotik lewat cek ip address, maka pilih tombol tools dan IP Scan. Selanjutnya, tinggal masukkan saja kode IP address prefix, seperti kode 172.16.0.0/22 kemudian pilih start. Sehingga, kalian bisa melihat seperti apakah hasil dari proses scanning ini jika dilihat dari segi IP Addressnya.

Address prefix
Cek IP Address Prefix

1.2.2. IP Address Range

Berbeda lagi bila kalian ingin melakukan proses scanning ini lewat IP Scan mikrotik menggunakan IP Address range, maka caranya juga sama. Pilih tools dan IP Scan, lalu masukkan IP address rangenya sesuai dengan alamat milik Anda. Sehingga, disitulah akan terlihat hasilnya dalam gambar yang tertera dalam layar. Karena kini sudah diketahui siapa saja yang online berkat mikrotik ini.

Address Range
Cek IP Address Range

2. Kesimpulan

Lewat bantuan tool IP Scan inilah kamu bisa melakukan proses scanning IP jaringan pada mikrotik. Sehingga, kalian akan tahu IP berapa sajakah yang sedang online dan apa saja perangkatnya. Semuanya bisa dilihat berdasarkan netbios name dan juga SNMP name. Sehingga, pekerjaan lebih praktis, terlebih untuk kalian yang memanfaatkan jaringan mikrotik ini untuk warnet.

Baca Juga:  Jenis Jenis Mikrotik dan Fungsinya - Cermati Ketika Membeli!

2 thoughts on “Cek IP Tool Scan Pada Jaringan Mikrotik Sangat Mudah!”

  1. Pada fitur Cek IP Tool mikrotik, tidak ada fitur untuk menyimpan hasil file yang kita sudah dapat. Jika kita ingin tetap menyimpannya bisa melakukan screenshots pada File yg ingin kita simpan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *