Seringkali ketika mencari informasi pada internet, dokumen yang dapat didownload berupa file PDF sehingga kita perlu kompres pdf ke word. Tak mengherankan, karena setiap penulis pasti tidak ingin karyanya mudah dirubah orang lain. Tapi, bagi yang belum mengetahui caranya, biasanya mencoba menyalinnya secara manual dan memindahkannya pada word. Sudah dapat diduga, kalimatnya menjadi berantakan dan gambarnya tidak dapat disalin.

1. Kompres PDF to Word dengan Aplikasi Adobe Acrobat Pro

Banyak software atau aplikasi di internet yang dapat anda gunakan untuk kompres pdf ke word. Salah satunya adalah dengan menggunakan adobe acrobat pro. Cara untuk convert pdf ke word dengan adobe acrobat sangat simple dan mudah dilakukan. Dengan menggunakan aplikasi ini, gambar maupun kalimat yang berasal dari file PDF tidak akan berantakan pada word nya nanti. Berikut ini caranya.

  1. Jalankan aplikasi Adobe Acrobat PRO
  2. Buka file PDF yang ingin anda ubah formatnya menjadi Word
  3. Klik menu file -> Save As -> Microsoft word -> pilih word document atau word 97-2003 sesuai kebutuhan anda
  4. Tunggu hingga prosesnya selesai

2. Kompres File PDF to Word Tanpa Aplikasi

Jika anda belum memiliki aplikasi yang dapat kompres PDF menjadi word, anda tak perlu khawatir. Karena anda juga dapat mengubahnya tanpa menggunakan aplikasi. Yang anda butuhkan hanya Microsoft word pada PC atau laptopmu untuk convert file pdf menjadi word. Tapi, pastikan bahwa Microsoft office pada PC atau laptopmu sudah versi 2013 ke atas ya. Berikut ini caranya.

  1. Jalankan Microsoft office word 2013 ke atas untuk kompres pdf menjadi word
  2. Klik menu file -> pilih open
  3. Cari dokumen dengan format PDF yang ingin anda ubah menjadi word. Jika file PDF di PC/laptopmu tidak terbaca, maka centanglah All Files pada toolbox bagian kanan bawah
  4. Jika muncul peringatan pop-up, tetap lanjutkan dengan klik OK
  5. Tunggu hingga proses konversi PDF ke Word selesai
Baca Juga:  Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Gratis dan Sangat Mudah

3. Kesimpulan

Kini anda bisa memperoleh berbagai informasi di internet meskipun berupa file PDF. Karena anda dapat dengan mudah mengubahnya menjadi word. Disamping itu, hasil salinannya pun bisa sama persis seperti yang ada pada file PDFnya. Sangat berbeda ketika anda menyalinnya secara manual. Semoga tutorial ini dapat membantumu agar dapat kompres PDF menjadi word dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *