Banyak faktor memicu masyarakat melakukan downgrade aplikasi versi Android baru ke lama pada smartphone kesayangan. Kebanyakan dari mereka kurang puas terhadap aplikasi maupun penambahan fiturnya yang jelek. Misalnya media sosial Instagram tahun 2016 lalu mengganti logo mereka secara resmi. Mungkin ini bertujuan untuk memberi tampilan fresh dan tidak membosankan namun pengguna malah menyukai versi sebelumnya.

Tak jarang pengguna smartphone terutama Android mengeluh soal versi OS terbaru yang sering mengubah fitur aplikasi bahkan keseluruhan tampilan. Padahal maksud dari upgrade sistem untuk meningkatkan kinerja aplikasi seperti kecepatan akses, beragamnya fitur baru, dll. Alasan lain seseorang ingin kembali ke versi lama yaitu banyaknya iklan-iklan selama memakai aplikasi tertentu terutama games online, atau bisa juga mengikuti artikel Cara Menghilangkan Iklan di Android Pakai NoRoot Firewall.

System Android versi baru dirasa memperlambat akses ponsel. Terlebih lagi anda masih pakai smartphone jadul sehingga ada keterbatasan sistem, contohnya ruang penyimpanan RAM kecil. Untuk downgrade Android, anda butuh pemahaman serta belajar tutorial paling tepat supaya terhindar dari kerusakan perangkat. Artikel berikut akan menjelaskan tentang cara mengembalikan versi Android baru ke lama memakai 2 metode.

1. Downgrade Versi Android Pakai Root

Rooting dikenal sebagai tindakan beresiko besar namun banyak memberi manfaat kepada pengguna smartphone. Salah satunya ketika anda ingin downgrade aplikasi Android secara cepat tanpa memenuhi berbagai syarat rumit. Adapun resiko root seperti terjadi kegagalan sehingga perangkatnya sering bootloop atau sulit mengakses sistem utama. Namun anda jangan khawatir karena tutorial ini aman jika mengikuti panduan lengkapnya.

Baca Juga:  Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Paling Ampuh!

1.1. Mempersiapkan Versi Android Lama

Pertama, setelah rooting persiapkan file aplikasi Android versi lama kemudian download aplikasi perantara. Disini akan menggunakan aplikasi App Downgrader yang bisa didapatkan pada Playstore. Anda masuk dahulu pakai akun seperti biasa, ketik nama tersebut pada kotak pencarian dan lakukan pengunduhan seperti file biasa. Setelah itu bukalah aplikasi agar proses penurunan versi bisa dimulai.

1.2. Proses Instalasi System Android

Kedua, aplikasi yang sudah dibuka menampilkan beberapa pilihan. Anda klik saja menu Select APK lalu carilah lokasi tempat file tersebut disimpan pada memori telepon ataupun internal. Selanjutnya klik ikon aplikasi OS lama dan proses instalasi akan berlangsung secara otomatis. Tahapan akan selesai sempurna apabila jaringan internetnya stabil sehingga tidak merusak perangkat ponsel.

Ternyata selain pakai file APK Android versi lama, anda dapat memanfaatkan aplikasi Titanium Backup. Tentu saja ponsel harus dalam kondisi sudah diroot. Langkah pertama yaitu membuka aplikasi tersebut, memilih Backup atau Restore supaya data penting anda tidak terhapus. Dilanjutkan dengan mencopot aplikasi baru untuk digantikan oleh versi lama.

2. Downgrade Versi Android Tanpa Root

Tutorial downgrade aplikasi versi Android baru yang satu ini sangatlah aman karena tidak memerlukan rooting. Sayangnya terdapat satu kekurangan ketika tidak melakukan rooting yaitu file aplikasi versi baru tersebut tidak bisa dicadangkan. Jadi anda harus mengulang proses secara manual. Disini memerlukan pihak ketiga berupa situs yang menawarkan aplikasi versi lama seperti Xeeapk.

2.1. Menghapus Aplikasi Android

Tahapan awalnya dimulai dengan menghapus aplikasi Android terbaru terlebih dahulu. Ini bertujuan agar seluruh riwayat penggunaan terhapus dan anda dapat download file lama secara utuh. Masuk menu setting – device – Apps, pilih salah satu aplikasi yang ingin dikembalikan seperti Facebook atau Instagram. Tekan tombol uninstall updates sehingga semua datanya terhapus permanen.

Baca Juga:  Antivirus Android Terbaik AVG - Ampuh Sudah Terbukti!

2.1. Mendapatkan Aplikasi Versi Lama

Tahapan selanjutnya, masuk ke situs Xeeapk yaitu www.xeeapk.com untuk mendapatkan aplikasi versi lama. Sebelumnya anda harus mengaktifkan fungsi keamanan instalasi APK diluar Playstore melalui setting – security – unknown sources – OK. Carilah file aplikasi kemudian klik download sampai selesai masuk ke File Manager. Cari APK tersebut agar melanjutkan proses instalasi dalam smartphone Android anda.

3. Kesimpulan

Sekarang anda sukses mengembalikan versi aplikasi Android dari baru ke lama. Pilih salah satu metode yang sekiranya paling nyaman serta minim risiko. Jika anda tidak ingin data sebelumnya terhapus maka gunakan rooting terlebih dahulu. Dengan begitu pengguna dapat mengupdate aplikasi versi Android lama menjadi baru kembali karena masih menyimpan cadangan file.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *