Windows update otomatis seringkali kita jumpai ketika kita mematikan PC atau laptop kita. Biasanya akan ada pemberitahuan terlebih dahulu kemudian windows akan melakukan update secara otomatis. Terkadang proses update ini akan berlangsung cukup lama hingga mencapai 100%, sementara kita tidak boleh mematikan PC atau laptop secara paksa ketika update ini berlangsung. Cukup mengganggu apalagi jika kita dalam posisi terburu buru, pada artikel ini akan kami jelaskan cara mematikan update windows 10.

System pada PC atau laptop memang memerlukan pembaharuan atau update secara berkala agar system tidak ada gangguan dan dapat berjalan lebih maksimal. Namun, kamu dapat mengaturnya agar windows tidak update otomatis setiap saat dan menjadikannya update pada waktu yang kamu inginkan. Windows menyediakan cara untuk mematikan auto update pada tiap versinya, begitu pula pada versi windows 10.

1. Cara Mematikan Update Windows 10

Setiap versi windows memiliki cara yang berbeda dalam mengatur service nya. Begitu pula dengan versi windows 10. Cara menonaktifkan windows update pada windows 10 berbeda dari versi sebelumnya.

1.1 Melalui Services Windows

  • Buka pengaturan services melalui menu start, atau cara mudahnya adalah dengan mengetikkan “services” pada menu pencarian
Services
  • Terdapat beberapa list yang muncul, lalu klik 2 kali pada pilihan Windows Update
cara mematikan update windows 10
  • Setelah itu akan muncul jendela windows update properties. Pada kolom startup type ubahlah menjadi disabled
cara mematikan update windows 10
  • Simpan perubahan dengan klik tombol OK

1.2 Cara Mematikan Update Windows 10 Melalui Aplikasi

Selain melalui services pada windows itu sendiri, ada cara lain yang lebih mudah untuk menonaktifkan update otomatis dari windows, yaitu dengan menggunakan aplikasi Win Update Stop. Aplikasi ini tersedia untuk windows XP, vista, windows 7, 8, dan 10. Berikut langkahnya.

  • Download dan Install aplikasinya pada PC atau laptop
License Agreement
  • Buka aplikasi win update stop
Aplikasi Win Update
  • Klik tombol disable untuk mematikan update. Jika ingin mengaktifkan kembali, klik tombol enable
Tampilan Aplikasi Win Update

2. Kesimpulan

Nah, dari tutorial tersebut kamu dapat mengatur windowsmu agar tidak melakukan update secara otomatis, apalagi disaat kamu tidak memiliki cukup waktu untuk menunggu prosesnya hingga selesai. Kamu dapat menonaktifkannya terlebih dahulu saat kamu sedang sangat memerlukan PC atau laptopmu untuk mengerjakan sesuatu dan mengaktifkan update windows 10 saat kamu sedang tidak terlalu membutuhkan PC atau laptopmu dan jangan lupa kunjungi artikel komputer lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *