Jenis jenis komputer dan fungsinya untuk kehidupan manusia. Ternyata, beda komputer beda pula fungsinya. Apa yang dimaksud dengan komputer? Komputer merupakan perangkat yang sejak lama digunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang ada. Bila dilihat secara umum, fungsi komputer ialah untuk membantu kerja manusia di berbagai bidang. Namun, sayang banyak orang kerap bingung ketika membedakan jenisnya. Bisa juga di lihat pada artikel pengerian komputer.

Ada beragam macam macam komputer yang dipakai manusia. Bahkan klasifikasi komputer tersebut didasarkan pada beberapa hal mulai dari fungsinya, data yang diproses, hingga berdasarkan ukuran komputer.

1. Jenis Jenis Komputer Berdasarkan Fungsinya

Komputer dibuat dengan tujuan maupun fungsi yang tidak sama. Hal ini terbukti dengan adanya penggolongan komputer yang bermacam macam. Berdasarkan fungsinya, komputer yang sering digunakan manusia dibagi menjadi 4 macam antara lain Embedded System, Information Appliance atau IA, Server dan Workstation. Untuk mengenal komputer dan fungsinya, anda dapat melihat penjelasan di bawah ini.

1.1. Embedded System

Sesuai dengan namanya, “Embedded” yang artinya sistem komputer yang digunakan dengan ditancapkan kedalam mesin yang akan di kontrol. Embedded System adalah sistem komputer yang disematkan ke dalam mesin pengontrol. Umumnya, sistem komputer ini dibuat untuk tujuan khusus misalnya instrumentasi medik.

1.2. Information Appliance

Information Appliance ialah sistem komputer yang dibuat khusus untuk melakukan pekerjaan di bidang elektronik misalnya fotografi, pengeditan teks serta pemutaran musik.

1.3. Server

Server merupakan perangkat komputer yang fungsinya memberi service kepada klien secara terus menerus. Server biasanya tidak pernah dimatikan karena menjadi pusat penggunaan jaringan.

1.4. Workstation

Fungsi workstation yaitu jenis komputer yang melayani pengguna. Komputer tersebut bisa berupa perangkat keras tambahan yang tidak ditemukan pada PC. Jenis ini dimanfaatkan untuk menjalankan aplikasi teknis dan ilmiah.

2. Klasifikasi Komputer Berdasarkan Data yang Diolah

Selain dibuat dengan fungsi yang berbeda, ternyata komputer juga dirancang berdasarkan data yang diolah. Karena data yang diolah berbeda, tentu saja komputer juga dibekali dengan spesifikasi yang bervariasi. Macam macam komputer bila dilihat dari data yang diproses terbagi menjadi 3 macam komputer diantaranya komputer analog, komputer digital dan komputer hybrid. Masing masing komputer dan fungsinya seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Baca Juga:  Cara Mematikan Update Windows 10 yang Sering Muncul

2.1. Komputer Analog

Sudah jelas dengan namanya komputer ini merupakan jenis komputer yang dapat bekerja secara analog, tanpa sama sekali menggunakan komponen yang bersifat digital. Komputer analog ini merupakan alat elektronik dan juga mekanikal yang rencana dibuat untuk memecahkan system operasi tertentu, hanya untuk melakukan analisa data yang bersifat terus menerus dengan tipe data besaran fisik dan dapat juga angka secara kuantitatif.

Komputer analog pada saat ini banyak mengenal sebagai mesin analog. Secara umum, komputer analog juga memiliki ciri-ciri. Dibawah ini merupakan ciri utama dari komputer analog;

  • Penghitungan hasil hanya dapat ditunjukkan secara fisik, contohnya dalam bentuk jarum dan juga angka.
  • Data yang diukur bersifat kuantitatif.
  • Komputer analog dapat berguna untuk melakukan pengukuran ataupun penghitungan yang terbatas (hanya beberapa satuan saja).

2.2. Komputer Digital

Komputer digital dirancang dan digunakan untuk sistem operasi hitung. Hasil data yang muncul biasanya berupa simbol dengan arti khusus misalnya simbol numerik, alphabetis dan lainnya.

2.3. Komputer Hybrid

Komputer hybrid dibuat untuk pengerjaan data kualitatif dan kuantitatif. Komputer ini adalah gabungan dari jenis analog dan digital. Pengaplikasian umumnya pada robot dan mesin pabrik.

3. Jenis Jenis Komputer Berdasarkan Ukuran

Komputer masa kini sudah mengalami perubahan karena didesain semenarik mungkin. Salah satu poin penting dalam desain komputer yaitu ukurannya. Komputer berdasarkan ukurannya dibedakan menjadi 4 macam. Pemilihan ukuran tersebut didasarkan pada tujuan penggunaan komputer itu sendiri. Ada 4 macam komputer jika dilihat dari ukurannya yaitu Microcomputer, Minicomputer, Supercomputer dan Mainframe Computer. Berikut penjelasan singkat mengenai masing masing jenis.

3.1. Komputer Microcomputer

Microcomputer merupakan sebuah komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Komputer mikro juga kita kenal sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer. Komputer mikro yang diposisikan di atas meja kerja anda dinamakan desktop, sedangkan yang dapat dibawa kemana-mana dengan mudah (portabel) dinamakan Laptop, karena sering diposisikan di atas paha. Waktu komputer mikro pertama kali nongol ke pasaran, jenis komputer ini hanya dianggap sebagai perangkat yang dapat dilakukan oleh satu orang saja, dapat mampu menangani informasi yang berukuran 4-bit, 8-bit, atau sampai 16-bit.

Baca Juga:  Cara Screenshot di Laptop dan Komputer Tanpa Ribet!

3.2. Komputer Minicomputer

Minicomputer merupakan komputer yang dapat berjalan pada multi-use, dalam spektrum komputasi tersebut dalam golongan komputer menengah, di bawah dengan komputer mainframe atau sistem komputer single-user contohnya komputer pribadi. terdapat istilah komputer mini dalam era sekarang ini dapat dianggap sangat kuno dan sudah dapat digantikan dengan istilah seperti komputer menengah IBM (midrange system) di dalam teknologi IBM, stasiun kerja (workstation) di dalam teknologi Sun Microsystems dan UNIX/Linux serta pada server.

3.3. Komputer Supercomputer

Supercomputer merupakan sebuah komputer yang merajai di dunia dalam kapasitas proses, terutama dalam kecepatan penghitungan, pada awal dikenalkan. Supercomputer ditunjukan pada tahun kurang lebih 1960-an, dirancang oleh seorang Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), merajai di dunia pasaran pada tahun kurang lebih 1970-an sampai Cray sudah berhenti untuk membuat perusahaan sendiri.

kemudian mulai mengambil pasaran Supercomputer dengan rancangannya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin Supercomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil sudah memulai memasuki pasar, dengan bersamaan pada penciptaan komputer mini pada dekade sebelumnya. Pada saat ini, pasar supercomputer masih di kuasai oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih dalam menspesialisasikan untuk membuat superkomputer.

3.4. Komputer Mainframe Computer

Mainframe merupakan istilah di dunia teknologi informasi dalam bahasa Inggris, yang mengacu kepada kelas tertinggi pada komputer yang terdiri dari komputer yang mampu melakukan banyak proses kerja, komputasi yang sangat rumit dalam waktu singkat. Mainframe umumnya banyak digunakan oleh banyak pengguna yang menggunakan terminal.

Mainframe memiliki kekuatan dalam pemrosesan paling kuat sering kita sebut superkomputer, dapat melakukan banyak komputasi yang sangat rumit, yang membutuhkan waktu lama dan umumnya digunakan dalam riset para ilmuwan, untuk proses data perusahaan atau dapat juga untuk keperluan militer.

4. Kesimpulan

Nah, demikianlah pengklasifikasian komputer berdasarkan beberapa hal. Komputer berperan utama dalam membantu kerja manusia. Sehingga wajar apabila ukuran, fungsi, data yang diolah dalam komputer berbeda. Semakin lengkap komponen komputer, hasil kerja yang diproses lewat komputer juga lebih akurat. Dari komputer dan fungsinya di atas, manakah jenis komputer yang membantu kerja Anda selama ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *