Cara Mengganti Password Wifi Indihome, ZTE dan TP Link

Cara Mengganti Password Wifi sangatlah mudah, bagi yang sudah berpengalaman di dunia teknologi maupun jaringan internet. Ganti password WiFi biasanya akan dilakukan ketika anda lupa password WiFi, atau password WiFi anda sudah banyak diketahui oleh orang lain. Sesering apa anda mengganti password WiFi? Ganti password WiFi salah satu cara yang paling efektif dalam meningkatkan keamanan WiFi dari para pencuri WiFi.

Tetapi jarang dari anda yang mengetahui cara tersebut, hal ini dikarenakan tidak banyak orang yang bertanya kepada petugas provider internet (ISP), mengenai cara ganti password WiFi ketika di awal pemasangan layanan internet di rumah anda. Kemudian di lain waktu jika anda tetap harus mengganti password WiFi anda dikarenakan beberapa hal, dengan terpaksa anda harus memanggil petugas dari ISP anda. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan beberapa cara mengganti password WiFi untuk berbagai macam modem yang sering anda gunakan di rumah.

1. Cara Mengganti Password Wifi ZTE F609 Telkom Indihome

Pada saat anda pertama kali menggunakan modem ZTE, kemudian anda akan langsung disuruh untuk mengisi kolom nama WiFi dan passwordnya. Anda dapat melihat nama WiFi dan passwordnya di bagian bawah modem yang sudah anda miliki. Anda dapat menemukan beberapa data tulisan di bawah modem, seperti tanggal dibuatnya modem Wifi tersebut, seri modem, MAC Address, hingga nama SSID1 dan beserta passwordnya.

1.1. Cara Reset ZTE F609 Telkom Indihome

Silahkan bisa di lihat nama WiFi pada kolom SSID dan passwordnya di bawah kolom tersebut. Permasalahan yang sering terjadi adalah seringnya kita lupa password terbaru WiFi kita sendiri. Cara mengatasi masalah ini, anda hanya dapat melakukan reset modem Wifi indihome tersebut, dengan cara menekan tombol reset yang biasanya terletak di belakang modem indihome dengan lubang kecil, kemudian password anda secara otomatis akan kembali kepengaturan awal.

1.2. Login ZTE F609

Setelah perangkat anda berhasil tersambung ke jaringan WiFi menggunakan kata sandi yang telah ada, untuk mengaksesnya anda bisa menggunakan browser apa saja kemudian mengetikkan ip indihome 192.168.1.1 di address bar lalu tekan enter. Secara otomatis setelah masuk ke UI default modem Wifi tersebut, akan ada tampilan untuk memasukan username dan password default.

  • Username : username
  • Password : admin

Jika tidak bisa menggunakan data login di atas bisa menggunakan;

  • Username : user
  • Password : user
Login Modem Wifi ZTE

1.3. Mengganti Password Admin ZTE F609

Setelah berhasil login jangan lupa untuk mengganti password default, pada menu Administration pilih User Management, setelah itu isi dengan data login terbaru kemudian pilih Submit.

Mengganti Login Modem Wifi ZTE

1.4. Cara Mengganti Password Wifi ZTE F609

Kemudian untuk mengganti nama Wifi, klik Network, lalu WLAN, setelah itu SSID Settings. Kemudian masukkan nama baru WiFi pada kolom SSID Name dan Submit.

Mengganti SSID Name

langkah terakhir untuk mengganti password ZTE F609 kemudian klik Security dibagian kiri kemudian isi kolom WPA Passphrase dengan password WiFi yang anda inginkan. Kemudian klik Submit untuk menyimpan settingan.

Mengganti Password ZTE F609

Telah selesai cara mengganti password Wifi ZTE F609 dan sekarang anda bisa login menggunakan password yang baru.

2. Cara Mengubah Password WiFi Huawei HG8245A

Jika anda sudah memahami cara mengganti password WiFi Modem ZTE F609, seharusnya anda tidak kesulitan dan akan bisa lebih mudah untuk mengubah password WiFi modem Huawei HG8245A. Pada umumnya modem yang banyak beredar di masyarakat adalah modem dengan merk Cisco, ZTE, atau Huawei.

2.1. Login Huawei HG8245A

Pada modem Huawei HG8245A langkah pertama yang harus anda lakukan, silahkan anda membuka browser yang sudah anda install pada komputer anda dan mengetikkan IP Address 192.168.100.1 atau 192.168.1.254 pada browser tersebut. Jika kedua IP tersebut tidak bisa di akses, maka anda bisa melihatnya pada modem tersebut, anda bisa mencoba untuk memasukkan IP Address 192.168.0.1. Setelah anda berhasil masuk ke tampilan pengaturan modem Huawei HG8245A, maka anda bisa memasukkan username dan password default modem tersebut, sama seperti modem ZTE. yaitu username admin dan password admin.

Login Huawei HG8245A

2.2. Cara Mengganti Password Wifi Huawei HG8245A

Langkah selanjutnya sama seperti pengaturan modem ZTE, anda bisa mencari menu WLAN. Setelah anda sudah masuk ke Menu tersebut, anda bisa mengubah password pada kolom dengan tulisan WPA PreSharedKey dan mengubah nama Wifi pada kolom SSID Name setelah semuanya sudah sesuai dengan yang anda inginkan, kemudian hanya tinggal klik Save atau Apply agar semua setting yang telah anda ganti bisa dapat berubah.

Mengubah Password WiFi Huawei HG8245A

3. Cara Mengubah Password WiFi Modem TP-Link TD-W8961N

Hampir sama dengan cara mengubah password yang sudah dijelaskan sebelumnya, anda silahkan mengakses browser apapun yang sudah anda install dan kemudian masuk address bar ketikan IP 192.168.1.1 atau 192.168.1.254 jika tidak bisa menggunakan IP, anda juga bisa menggunakan link atau URL tplinkmodem.net, anda juga dapat mengetahui username dan password default maupun IP bawaan modem di bagian bawah modem yang anda miliki.

3.1. Cara Mengganti Password Wifi TP-Link TD-W8961N

Jika sudah berhasil masuk ke dalam kontrol panel router melalui browser, silahkan anda masuk ke menu Interface Setup. Kemudian anda akan melihat beberapa sub menu yang terdiri atas kolom dan tombol pengaturan. Silahkan anda klik sub menu Wireless. Setelah anda menemukan kolom pada bagian Pre-Shared Key silahkan langsung saja anda mengganti password yang anda inginkan.

Mengganti Password Wifi TP-Link TD-W8961N

3.2. Cara Mengubah SSID Wifi TP-Link TD-W8961N

Bila anda ingin sekalian mengganti nama WiFi yang adan miliki, cukup hanya cari kolom SSID pada menu yang sudah saya jelaskan pada bagian cara mengganti password wifi TP-Link TD-W8961N. Terletak pada bagian atas menu tersebut. Jika anda berhasil menemukan kolom SSID, anda hanya tinggal menggantinya dengan nama yang sesuai anda inginkan. Jika sudah berhasil mengganti nama WiFi dan mengganti password, maka anda bisa klik Save pada bagian di bawah halaman browser.

Mengubah SSID Wifi TP-Link TD-W8961N

3.3. Cara Mengganti Password Admin Wifi TP-Link TD-W8961N

Untuk mengubah password bawaan modem, anda silahkan akses ke halaman kontrol panel modem tersebut, anda hanya cukup masuk ke kontrol panel menggunakan username serta password yang telah anda gunakan sebelumnya. Kemudian anda pilih menu Maintenance serta masuk ke menu Administration. Di Menu tersebut anda tidak akan menemukan banyak menu seperti sebelumnya. anda akan menemukan kolom New Password dan Confirm Password serta username yang digunakan sekarang.

Mengganti Password Admin Wifi TP-Link TD-W8961N

Kemudian silahkan anda isi kolom New Password dengan password admin yang anda inginkan, serta isi kolom Confirm Password dengan mengulang password yang sama. Setelah Anda berhasil mengganti password Wifi anda, langkah terakhir tinggal klik Save untuk menyimpan pengaturan yang telah anda rubah.

4. Kesimpulan

Beberapa cara di atas kami sengaja berikan sebagai dasar pengetahuan mengenai cara mengganti password wifi. Pada dasarnya beberapa cara ini dapat dipergunakan untuk beberapa macam merk modem. Bawaan IP address setiap merk modem berbeda-beda, pada umumnya tidak jauh-jauh dari IP 192.168.1.1 , 192.168.1.254 , atau 192.168.0.1. sama halnya dengan Username dan password untuk login wifi juga berbeda-beda. Banyak merk modem sudah memberikan informasi username dan password bawaannya dibagian bawah modem tersebut.

Ahmad Saripudin: