Pada OS Android Oreo terdapat satu fitur istimewa yang tidak dipunyai versi Nougat sebelumnya yaitu PIP atau disebut Picture in Picture. Tipe Android 8.0 banyak dipergunakan oleh anak anak muda dalam berbagai macam merek ponsel pintar sepert Samsung, Xiaomi, Asus, dll. Sebagai pengguna baru, sebagian besar dari mereka kurang memaksimalkan PIP sehingga hanya menjadi fitur tambahan saja.

Padahal PIP mampu mempermudah berbagai penggunaan Android Oreo tersebut. Salah satunya membuka peta atau Google Maps agar tampak jelas untuk dipergunakan selama mengemudi. Media chatting seperti WhatsApp juga memerlukan Picture in Picture saat memulai percakapan video call. Bahkan media sosial seperti Facebook dan Instagram punya akses PIP terutama bagian pemutar video.

Manfaat lainnya yaitu dipergunakan pada Google Chrome serta beberapa browser lain. Fungsinya mempermudah proses nonton video secara streaming melalui Vimeo kecuali Youtube. Jika kamu masih belajar memakai Android Oreo terbaru ini maka pahami dahulu tutorial mengaktifkan sekaligus menggunakan PIP. Berikut ini penjelasan lengkap yang harus kamu perhatikan!

1. Tutorial Mengakses Fitur PIP di Android Versi Oreo

1.1 Melakukan Persiapan Fitur PIP

Pertama tama kamu harus persiapkan smartphone kesayangan yang sudah diupdate ke versi Android Oreo. Fitur terbaru ini tidak berlaku pada OS sebelumnya karena dilengkapi dengan teknologi lebih canggih serta modern termasuk Picture in Picture. Setelah itu siapkan pula jaringan internet lancar dengan kacepatan stabil entah WIFi maupun paket data pribadi.

1.2 Mengaktifkan Fitur PIP Pada Aplikasi Android Oreo

Langkah kedua, memberikan perizinan kepada fitur PIP untuk mengakses seluruh sistem pada sistem Android Oreo yang baru dipergunakan. Caranya dengan membuka menu setting, pilih apps & notifications kemudian Advance serta special app access. Setelah itu masuklah ke aplikasi yang ingin diatur melalui PIP seperti Facebook, Instagram, WA, Google Chrome sesuai kebutuhan.

1.3 Memastikan Aplikasi Sudah Terpasang Fitur PIP

Langkah ketiga, memastikan semua aplikasi sudah terpasang fitur PIP secara sempurna. Pasalnya setiap jenis mempunyai peraturan masing masing sehingga harus kamu pelajari terlebih dahulu ketentuannya. Contohnya seperti Google Chrome punya mode full screen atau disebut VLC. Untuk mengaktifkannya harus melalui tahapan berbeda sehingga layanan PIP dapat dinikmati.

1.4 Uji Coba Fitur PIP

Langkah terakhir yaitu membuka fitur PIP pada tiap aplikasi yang diinginkan. Kamu tekan tombol Home kemudian aplikasi akan mengecil dan diletakkan pada bagian kanan bawah layar smartphone. Ketuk dua kali aplikasi untuk mengatur bentuk layar, geser pada tempat tertentu dengan cara diseret pakai jari. Lakukan hal serupa pada beberapa aplikasi lain setelah dipasang fitur PIP.

Baca Juga : Antivirus Android Terbaik Menggunakan AVG

2. Jika Fitur PIP Tidak Bekerja Maksimal

Terkadang pengguna Android Oreo menemukan fitur Picture in Picture tidak bekerja sempurna pada ponsel. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam alasan dan sebaiknya harus kamu pahami sebelum mengaktifkannya. Namun jangan khawatir jika sebagian kecil aplikasi tidak bisa mengakses PIP karena kamu bisa menerapkan solusi terampuh untuk mengatasi masalah tersebut.

2.1 Menghapus Cache Pada Aplikasi Android Oreo

Kosongkan dahulu semua cache atau riwayat penggunaan perangkat pada aplikasi tertentu yang gagal mengaktifkan PIP. Bukalah setting, lalu pilih Apps & Notifications serta Apps Info sampai muncul layar pengaturan cache. Hapus semua file sekaligus data lainnya sehingga kinerja aplikasi menjadi ringan. Cara lainnya yaitu melakukan boot perangkat dalam mode safe bergantung merek ponsel kamu.

2.2 Menghapus dan Install Ulang Aplikasi

Strategi terakhir diterapkan jika fitur PIP tetap tidak berhasil mengakses aplikasi tertentu. Lakukan penginstalan aplikasi, download kembali pada Google Playstore agar semua data di dalamnya kembali baru. Masalah tersebut sering terjadi hampir pada semua merek smatphone, terlebih lagi jika penggunaannya tergolong sering. Akibatnya cache tiap aplikasi terlalu penuh dan memperlambat kinerjanya.

3. Kesimpulan

Fitur Picture in Picture sekarang dapat kamu nikmati pada jenis aplikasi sesuai keinginan serta kebutuhan. Ha ini meningkatkan fungsi dari smartphone pribadi agar pengguna semakin multitasking seperti keperluan bisnis, bekerja ataupun hiburan sehari hari. Misalnya streaming video sambil mencatat ataupun chatting bersama orang lain. Syarat utama jika ingin menggunakan PIP adalah harus menggunakan OS Android Oreo.

Baca Juga : Android Pie Keunggulan dan Kekurangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *