Mensyukuri Nikmat Allah S.W.T

Assalamu’alaikum wr.wb.

 

Alhamdulillah alhamdullilahi robilalamin wabihinastain waalaumuriddunya waddin asy’haduala illaha ilallah wa’asyhadu ana Muhammadan abduhu warosullu, Amma Ba’du.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur atas kehadirat Allah S.W.T yang sampai hari ini masih memberikan kita berlimpah nikmat, terutama iman islam dan nikmat sehat. Sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul bersama-sama di tempat yang mulia ini .shalawat serta salam marilah kita limpah curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir nanti.

Amien. . . . . . .

Pada kesempatan ini saya akan membawakan kultum dengan tema “Mensyukuri Nikmat Allah S.W.T”.

Firman Allah S.W.T di dalam Al-qur’an yang berbunyi “Bissmillahirahmanirahim, La in’syakartum Laajidhannakum wala in kapartum inna azabil’lasyadid”. Artinya: Bagi siapa-siapa yang mensyukuri nikmat yang telah IA berikan kapanpun dan dimanapun, dan seberapapun yang IA berikan banyak ataupun sedikit tetaplah kita mensyukurinya perlu kita ketahui nikmat dan rezeki tidak akan datang dengan sendirinya tanpa kita harus berusaha.

Sabda Rassulullah SAW “Man Jadda Wajada ( من جدّ وجد ) adalah ”Barangsiapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan berhasil” jadi kalau mencari rizki itu kita harus berusaha dengan bekerja dari jalan yang diridhoi Allah S.W.T. jangan harap rizki itu datang kehadapanmu akan tetapi apa yang kamu dapatkan sengsara. karena kita tidak mau berusaha untuk mencapai yang lebih baik.

Dalam bekerja kita harus menanamkan sifat ikhlas dan sabar agar kita dapat melaksanakannya dengan baik dan mampu mencapai apa yang kita inginkan.

Kesimpulan dari kultum yang Saya sampaikan ini adalah seberapapun nikmat yang diberikan oleh Allah S.W.T haruslah kita syukuri dan terus berusaha menjadi yang lebih baik, serta di dalam bekerja kita harus ikhlas dan sabar karena dengan ikhlas dan sabar kita akan mendapatkan sesuatu yang kita tidak duga.

Marilah kita semua menanamkan sifat ikhlas dan sabar agar setiap yang kita lakukan di ridhoi oleh Allah S.W.T karena apabila kita mendapatkan ridho dari Allah maka kita akan terjaga dan dilindungi dalam melakukan apapun.

Demikian yang dapat saya sampaikan, bila ada kata-kata yang benar itu hanya berasal dari Allah S.W.T dan Apabila ada kata-kata yang salah itu datang dari diri saya, untuk itu saya mohon dimaafkan.  Akhirul kalam Minni ihdinassirotol mustaqim.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Category: Tips & Trick
Silahkan Poskan Komentar Anda
Leave a Reply